Rabu, 26 November 2014

Apakah yang paling......????

​​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.            
         ADA sebuah cerita mengenai Imam
al-Ghazali bersama murid2nya, yg ketika itu mereka sedang berkumpul bersama. Dalam perkumpulan mereka, Imam al-Ghazali melontarkan beberapa teka teki kpd muridnya.
Imam Ghazali : “Apakah yang paling dekat dgn diri kita di dunia ini?”
Murid 1 : “Orangtua.”
Murid 2 : “Guru.”
Murid 3 : “Teman.”
Murid 4 : “Kaum kerabat.”
Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar.Tetapi yg paling dekat dgn kita ialah ‘mati’. Sebab itu janji Allah bahwa setiap yg bernyawa pasti akan mati(Ali-Imran:185).
Imam Ghazali : “Apa yg paling jauh dari kita di dunia ini?”
Murid 1 : “Negeri Cina.”
Murid 2 : “Bulan.”
Murid 3 : “Matahari.”
Murid 4 : “Bintanga2.”
Iman Ghazali : “Semua jawaban itu benar. Tetapi yg paling benar adalah ‘masa lalu’. Bagaimanapun kita,apapun kendaraan kita,tetap kita tdk akan dpt kembali ke masa yg lalu.Oleh sebab itu,kita harus menjaga hari ini,hari esok,dan hari2 yg akan datang dgn perbuatan yg sesuai dgn ajaran agama.”
Iman Ghazali:“Apa yg paling besar di dunia ini?”
Murid 1 : “Gunung.”
Murid 2 : “Matahari.”
Murid 3 : “Bumi.”
Imam Ghazali : “Semua jawaban itu benar,tapi yg besar sekali adalah ‘hawa nafsu’ (Al A’raf:179).Maka kita hrs hati2 dgn nafsu kita,jgn sampai nafsu kita membawa ke neraka.”
Iman Ghazali : “Apa yg paling berat di dunia?”
Murid 1 : “Baja.”
Murid 2 : “Besi.”
Murid 3 : “Gajah.”
Imam Ghazali : “Semua itu benar, tapi yg paling berat adalah ‘memegang amanah’ (Al-Ahzab: 72 ).Tumbuh2an, binatang, gunung, dan malaikat semua tdk mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah pemimpin di dunia ini. Tetapi manusia dgn sombongnya be rebut2 menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka krn gagal memegang amanah.”
Imam Ghazali : “Apa yg paling ringan di dunia ini?”
Murid 1 : “Kapas.”
Murid 2 : “Angin.”
Murid 3 : “Debu.”
Murid 4 : “Daun2.”
Imam Ghazali : “Semua jawaban kamu itu benar, tapi yg paling ringan sekali di dunia ini adalah ‘meninggalkan shalat’. Gara2 pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan shalat.”
Imam Ghazali : “Apa yg paling tajam sekali di dunia ini?”
Murid- Murid dengan serentak menjawab : “Pedang.”
Imam Ghazali : “Itu benar, tapi yg paling tajam sekali di dunia ini adalah ‘lidah manusia’. Krn melalui lidah, manusia dgn mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.”

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template