Jumat, 18 Oktober 2013

Kausalitas

Pernahkah Anda mengalami sebuah musibah dan tidak seorangpun yang mau menolong ?
Pernahkan Anda melihat orang yang tertimpa musibah dan langsung membuat hati Anda iba dan kasihan dan Anda segera memberikan pertolongan ?

Memang hati manusia Allah-lah yang menggerakkan. Akan tetapi manusia harus mencari sebab bagaimana agar hati itu bisa tergerak untuk segera memberikan pertolongan kepada orang lain yang membutuhkan pertolongan.
Pernahkah Kita melihat seseorang yang sedang mendorong motorrnya di jalan, sementara orang lain berlalu- lalang dan tak seorangpun yang mau menghampirinya untuk memberikan pertolongan. Menurut Saya hal itu terjadi karena Allah tidak menggerakkan hati orang-orang tersebut untuk menolongnya. Akan tetapi Saya pernah menyaksikan ada seseorang pengendara sepeda motor kehabisan bensin, tidak selang beberapa lama kemudian langsung ada orang yang menolongnya.
Tidak mudah memang menjadikan suatu amal kebaikan yang kita lakukan agar menjadi buah kebaikan di waktu yang lain. Masih banyak kotoran yang tercampur dalam amal ibadah kita yang belum tersaring sehingga menjadi amal ibadah yang murni ikhlas karena Allah SWT.
Manusiawi memang, akan tetapi kita harus yakin bahwa ada hukum kausalitas terhadap satu amal yang kita lakukan sehingga menjadi efek positif pada suatu masa yang berbeda.
Mungkin suatu saat kita terkena musibah : kebocoran ban, kehabisan bensin, kecopetan, kendaraan rusak dan lain sebagainya dan pada waktu itu juga langsung ada yang membantu kita, maka sadarilah bahwa pertolongan yang diberikan kepada kita kita itu adalah buah dari amal positif yang telah kita lakukan.
Maka beramallah dengan ikhlas dimanapun kita berada, berilah bantuan kepada orang lain semampu dan sebisa kita, semoga suatu saat kita di timpa musibah Allah akan menggerakkan hati orang lain untuk sesegera mungkin membantu kita.
Wallau'alam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kotak Pesan

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template